Pengertian Dan Fungsi Transformator

Pengertian dan Fungsi Transformator menjadi penting untuk diketahui sebab sebagian besar perangkat elektronika memerlukan arus listrik yang dikendalikan trafo dalam sistem operasinya.  Pengertian transformator atau transformer atau trafo adalah komponen elektromagnet yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ke taraf yang lain.

Selain itu transformator juga disebut sebagai suatu peralatan listrik elektromagnetik statis yang berfungsi untuk memindahkan dan mengubah daya listrik dari satu rangkaian listrik ke rangkaian listrik lainnya, dengan frekuensi yang sama dan perbandingan transformasi tertentu melalui suatu gandengan magnet dan bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetis, dimana perbandingan tegangan antara sisi primer dan sisi sekunder berbanding lurus dengan perbandingan jumlah lilitan dan berbanding terbalik dengan perbandingan arusnya.
simbol_trafoTransformator  merupakan  suatu  peralatan  listrik  yang  digunakan  untuk  mengubah energi listrik bolak-balik dari satu level tegangan ke level tegangan yang lain. Dapat menaikkan,  menurunkan  atau  hanya  untuk  mengisolasi  sistem  satu  dengan  yang lainnya.  Fungsi transformator  (trafo) dapat digunakan pada peralatan listrik terutama  yang memerlukan perubahan atau penyesuaian besarnya tegangan bolak-balik. Misal radio memerlukan  tegangan  12  volt  padahal  listrik  dari  PLN  220  volt,  maka  diperlukan transformator untuk mengubah tegangan listrik bolak-balik 220 volt menjadi tegangan listrik bolak-balik 12 volt. Contoh alat listrik yang memerlukan transformator adalah: TV,  komputer,  mesin  foto  kopi,  gardu  listrik  dan  sebagainya.  Dan  dalam pengaplikasiannya, transformator digolongkan menjadi 2 yaitu:
1)  Transformator step up
Transformator  step up  biasanya  digunakan  dalm  transmisi  daya  listrik jarak  jauh  seperti  dari  pembangkit  yang  lokasinya  jauh  dari  pemukiman warga  ke  konsumen.  Fungsi transformator  step  up  digunakan  untuk  menaikkan tegangan  yang  keluar  dari  generator  untuk  bisa  sampai  ke  konsumen dengan  jarak  yang  jauh.
2)  Transformator step down
Transformator  step  down  biasanya  banyak  digunakan  dalam  peralatan listrik  rumah  tangga  yang  membutuhkan  tegangan  kecil.  Fungsi transformator step down dapat menurunkan tegangan menjadi  lebih  rendah  sesuai  dengan  kebutuhan.  Contoh  dari  peralatan listrik  yang  memakai  transformator  step  down  adalah  adaptor  dan  catu daya, peralatan lainnya  dapat berupa peralatan elektronik seperti televisi, mesin  fotocopy,  dan  gardu  listrik.

TransformatorFungsi transformator / trafo pada sebuah rangkaian elektronika adalah sebagai pengubah tegangan listrik. Selain itu fungsi transformator adalah sebagai modulator dan pembangkit frekuensi tinggi.

Dalam bekerjanya transformator menganut prinsip kerja induksi elektromagnetik. Jika pada input atau kumparan primer transformator diberi tegangan AC, hal ini akan menimbulkan fluks magnet dan menginduksi ke lilitan sekunder. Apabila efisiensi pada transformator tersebut sempurna niscaya daya yang ada pada lilitan primer akan ditransfer semua ke lilitan sekunder.

Demikianlah, penjelasan singkat mengenai pengertian dan fungsi transformator dari kami.  Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>